Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

MAKALAH KONSEP DASAR PERAWATAN TALI PUSAT




MAKALAH KONSEP DASAR PERAWATAN TALI PUSAT

Perawatan tali pusat adalah pengobatan dan pengikat tali pusat yang menyebabkan pemisahan fisik terakhir antara ibu bayi, kemudian tali pusat dirawat dalam keadaan steril, bersih, kering, puput dan terhindar dari infeksi tali pusat.


A.    Pengertian
Tali pusat dalam istilah medisnya disebut dengan umbilical cord. Merupakan  saluran  kehidupan  bagi  janin  selama di  dalam  kandungan, sebab  selama  dalam  rahim,  tali  pusat  ini  lah  yang  menyalurkan  oksigen dan  makanan  dari  plasenta  ke  janin  yang  berada  di  dalam  nya.  Begitu janin  dilahirkan,  ia  tidak  lagi  membutuhkan  oksigen.dari  ibunya,  karena bayi  mungil  ini  sudah  dapat  bernafas  sendiri  melalui  hidungnya.  Karena sudah tak diperlukan lagi maka saluran ini harus dipotong dan dijepit, atau diikat (Wibowo, 2008).
Perawatan tali pusat adalah pengobatan dan pengikatan tali pusat yang menyebabkan pemisahan fisik terakhir antara ibu bayi, kemudian tali pusat dirawat dalam keadaan steril, bersih, kering, puput dan terhindar dari infeksi tali pusat (Hidayat,2007)

B.     Tujuan  Perawatan Tali Pusat
Perawatan tali pusat dapat mencegah terjadinya penyakit tetanus  pada  bayi  baru  lahir,  agar  tali  pusat  tetap  bersih,  kuman-kuman tidak masuk  sehingga tidak terjadi  infeksi pada  tali pusat bayi.  Penyakit tetanus   ini   disebabkan   oleh clostridium   tetani yaitu   kuman   yang mengeluarkan  toksin  (Racun),   yang  masuk  melalui  luka  tali  pusat, karena  perawatan  atau  tindakan  yang  kurang  bersih  (Sudarti,  2010)
Tujuan dari  perawatan tali pusat adalah untuk mencegah infeksi dan mempercepat permasalahan tali pusat dari perut. Dalam upaya mencegah infeksi dan mempercepat pemisahan, ada berbagai substansi dan ritual yang telah digunakan untuk perawatan tali pusat, hanya beberapa diantaranya yang sudah diteliti. Substansi seperti pewarna tripel, alkohol, dan larutan klorheksidin dahulu dianggap dapat mencegah infeksi tetapi efektivitasnya belum terbukti. Tali pusat puput sehari lebih cepat pada kelompok, dimana tali pusat dibiarkan mengering secara alami (Riksani, 2012).

C.    Teknik dan Cara Perawatan Tali Pusat pada Bayi Baru Lahir
Menurut Riksani (2012), ada beberapa cara dalam merawat tali pusat :
1.       Cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh tali pusat.
2.       Saat memandikan bayi, usahakan agar anda tidak menarik tali pusat.
3.       Bungkus longgar tali pusat menggunakan kassa steril atau tali pusat dapat dibiarkan terbuka (tanpa dibungkus kassa) dan tanpa dibubuhi apa pun (obat antiseptik atau alkohol), serta bahan-bahan lain di atas tali pusat.
4.       Tali pusat sebaiknya tidak tertutup dengan rapat karena akan membuatnya menjadi lembab yang bias meningkatkan resiko tumbuhnya bakteri.
5.       Tali pusat akan lepas sendirinya, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mermegang atau menarik-narik tali pusat.

D.    Dampak Dari Tali Pusat Yang Tidak Dirawat Dengan Baik Dan Benar
Timbulnya infeksi pada tali pusat,  hal  ini  disebabkan  karena  tindakan  atau  perawatan  yang  tidak  memenuhi  syarat  kebersihan,  misalnya  pemotongan  tali  pusat  dengan bambu/ gunting yang tidak steril, atau setelah dipotong tali pusat dibubuhi abu, tanah, minyak, daun-daunan, kopi dan sebagainya (Wawan, 2009).
Tali pusat yang tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan resiko infeksi, dengan tanda-tanda seperti: pangkal tali pusat, dan daerah sekitarnya berwarna merah, keluar cairan yang berbau, ada darah yang keluar terus-menerus, dan/atau bayi demam tanpa sebab yang jelas (Irawan, 2011).
Apabila tali pusat tidak dirawat dengan baik, kuman-kuman bisa masuk sehingga terjadi infeksi yang mengakibatkan penyakit Tetanus Neunatorum. Penyakit ini adalah salah satu penyebab kematian bayi yang terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah 220.000 kematian bayi, sebab masih banyak masyrakat yang belum mengerti tentang cara perawatan tali pusat yang baik dan benar.
Resiko infeksi yang sangat dikhawatirkan adalah infeksi oleh clostridium tetani yang masuk melalui luka tali pusat karena tindakan atau perawatan yang tidak memenuhi syarat kebersihan, misalnya pemotongan tali pusat dengan bambu atau gunting yang tidak steril, atau setelah dipotong tali pusat dibubuhi abu, tanah, minyak dedaunan, kopi, dan sebagainya (Ellen, 2009).
Tetanus adalah salah satu penyakit yang paling berisiko mengakibatkan kematian akibat neurotoksin yang dihasilkan clostridium tetani. Penyakit ini tidak menyebar dari orang ke orang tetapi melalui kotoran yang masuk ke dalam luka yang dalam, misalnya luka pada tali pusat bayi baru lahir. Gejala awal penyakit adalah kaku otot pada rahang disertai kaku pada leher, kesulitan menelan, kaku otot perut, berkeringat dan demam. Pada bayi terdapat gejala berhenti menetek antara 3-28 hari setelah lahir. Gejala berikutnya adalah kejang yang hebat dan tubuh menjadi kaku. Komplikasi tetanus adalah patah tulang akibat kejang, pneumonia, dan infeksi lain yang dapat menimbulkan kematian. (Arin, 2009).

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)