Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

Usia Kehamilan 4 Bulan Gerak Janin Ibu Mulai Terasa


Usia Kehamilan 4 Bulan Gerak Janin Ibu Mulai Terasa


Ketika memasuki usia kehamilan 4 bulan gerak janin ibu mulai terasa diperut ibu. Ketika pergerakan-pergerakan ini mulai muncul dan terasa maka ibu harus senang, karena ini menibukan bayi ibu dalam keadaan baik-baik saja. Selain pergerakan janin yang akan dirasakan oleh ibu, wajah dari janin yang ibu kandung juga akan semakin membentuk jelas jika diperiksa melalui USG.

Jika sebelumnya ibu telah mengetahui awal proses terjadinya kehamilan, maka selanjutnya yang harus ibu ketahui adalah perkembangan janin ketika memasuki awal trimester kedua masa kehamilan.

Pertumbuhan Janin Usia 4 Bulan

Ketika kehamilan memasuki usia 4 bulan (17-20 minggu), janin yang ibu kandung normalnya akan memiliki ukuran  sekitar 13 cm dengan perkiraan berat 140 gram. Bagian kepala akan mulai mengeras karena tulang rawan yang tersusun di bagian tempurung. Tali pusat bayi akan semakin kuat yang digunakan untuk menyalurkan sumber makanan dari ibu. Juga akan terjadi pembentukan kelenjar keringat dan syaraf tulang belakang. Detail pertumbuhan janin selama memasuki bulan keempat adalah sebagai berikut.

Minggu ke 17

Pada bagian kepala akan semakin berwujud dengan tumbuhnya alis dan bulu mata, bola mata juga mampu bergerak mesti kelopak mata bayi tetap tertutup. Selain itu mulut janin akan mulai bergerak membuka dan menutup. Bayi juga akan mulai aktif meski masih jarang dan mampu merespon bunyi dari luar perut ibu misalnya suara musik.
Ukuran tubuh akan membesar cepat untuk mengimbangi ukuran kepala sehingga terlihat lebih proporsional dibanding minggu-minggu sebelumnya. Namun tubuhnya masih terlihat keriput karena tubuh janin belum bisa menyimpan banyak lemak. Juga mulai terbentuk jari yang dilengkapi sidik jari pada tangan bayi.

Minggu ke 18

Pada minggu ke 18 bentuk telinga sudah muncul meski belum terlihat sempurna. Alat vital janin juga biasanya sudah terbentuk sehingga dapat dikenali apa jenis kelamin bayi ibu nantinya. Di permukaan kulit mulai terlihat pembuluh darah serta semakin jelas pergerakan yang akan ibu rasakan pada minggu ini.

Minggu ke 19

Di usia 19 minggu kepala janin akan mulai ditumbuhi rambut, selain itu janin sudah bisa minum dan menelan air ketuban. Ginjal janin pun sudah dapat mengeluarkan air seni. Juga pada otak janin akan mulai terbentuk jaringan syaraf lima indra janin (melihat, mencium, mendengar, mengecap dan menyentuh)

Minggu ke 20

Memasuki minggu ke 20 ukuran bayi bertambah menjadi kurang lebih 26 cm dengan berat kurang lebih 300 gram. Mulut bayi juga akan lebih sering dan banyak menelan cairan ketuban. Selain itu akan mulai terdapat lapisan lemak (vernix caseosa) pada tubuh bayi sehingga kulit bayi leih terlindung selama berada dalam rahim ibu.

Menjaga Kehamilan Ibu di Usia 4 Bulan

Memasuki usia 4 bulan banyak hal yang harus mulai ibu perhatikan agar kehamilan ibu tetap dalam keadaan sehat diantaranya:
  1. Perbanyak konsumsi makanan sehat terutama yang mengandung zat besi seperti dari daging sapi tanpa lemak, daging ayam, ikan dan bayam karena akan sangat penting bagi pembentukan sel darah merah pada janin ibu. Selain itu jika ibu mendapat tablet Fe (penambah darah) dari petugas kesehatan maka diusahakan untuk mengkonsumsinya sesuai anjuran petugas kesehatan (bidan atau dokter) tersebut.
  2. Selalu buat posisi yang nyaman ketika tidur dengan cara tidur dengan posisi menyamping untuk menghindari tekanan dari berat janin. Berikan tambahan bantal dibawah perut ibu untuk menambah kenyamanan. Hindari posisi terlentang karena akan mengakibatkan ibu merasa pusing.
  3. Hindari pemakaian sepatu dengan hak tinggi karena akan mengganggu keseimbangan ibu seiring dengan semakin membesarnya kondisi perut ibu.
  4. Mulai lakukan aktifitas oleh raga ringan seperti senam hamil agar kondisi tubuh ibu tetap bugar dan tidak gampang lemas.



Adalah hal yang menggembirakan ketika usia kehamilan 4 bulan gerak janin ibu mulai terasa. Ibu juga bisa rutin memeriksakan kandungan setiap bulannya dan melakukan USG agar pertumbuhan janin dalam rahim ibu terus terpantau. Karena tiap bulannya janin yang ibu kandung akan semakin menyerupai bayi kecil yang siap lahir kedunia untuk disambut ayah dan bunda 

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)