Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

BPJS Kesehatan, Manfaat Dan Cara Daftarnya Terbaru

BPJS Kesehatan, Manfaat Dan Cara Daftarnya Terbaru




Bagi Ibu yang sedang hamil, penting sekali mengetahui BPJS kesehatan, manfaat dan cara daftarnya. Sehingga ketika ibu sudah tahu manfaat dan cara daftarnya, ibu akan tergerak untuk ikut program tersebut sebagai salah satu bekal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi persalinan.
BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan adalah program yang diluncurkan pemerintah sebagai pengganti program jaminan sosial pengganti program lama yang kita kenal dengan nama ASKES. Program BPJS Kesehatan mulai aktif diberlakukan dari tanggal 1 Januari 2015. Kepesertaan BPJS Kesehatan  ini bersifat wajib jika dilihat dari target pemerintah yaitu paling lambat tanggal 1 Januari 2019, diharapkan seluruh penduduk Indonesia sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Kepesertaan masyaraakat dibagi dalam 2 kategori yaitu PBI (Penerima Bantuan Iuran) dan Non-PBI.
Sistem pembayaran asuransi ini diberlakukan setiap bulan dengan besaran tarif yang berbeda tergantung kelas pelayanan yang dipilih. Bagi masyarakat miskin yang tidak mempu membayar iuran bulanan, mereka akan digolongkan menjadi PBI dengan pembayaran bulanan ditanggung sepenuhnya pemerintah. Sehingga diharapkan tidak ada lagi masyarakat kecil yang tidak tersentuh masalah kesehatan.

Sekilas Manfaat Mengikuti Program BPJS Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengikuti BPJS Kesehatan, terutama bagi ibu hamil, diantaranya manfaat biaya persalinan yang tidak dibatasi jumlah kehamilan atau persalinan ibu. Jadi berapa kali pun ibu hamil/bersalin, ibu akan tetap merasakan manfaat pembiayaan dari BPJS Kesehatan. Sehingga dengan mendaftar BPJS saat hamil merupakan satu modal penting sebagai bekal untuk meringankan biaya persalinan ibu nanti.
Selain manfaat untuk ibu, manfaat kepesertaan juga akan dirasakan oleh bayi ibu ketika lahir nanti dengan syarat ibu sudah mendaftarkan bayi tersebut dalam waktu kurang dari tujuh hari terhitung sejak bayi lahir atau ketika bayi belum berusia 7 hari.
jika ibu mulai mendapat gambaran tentang BPJS kesehatan dan manfaatnya berdasarkan pejelasan tadi diatas, maka ibu tinggal mendaftar saja untuk ikut program BPJS Kesehatan. Selanjutnya akan saya bahas mengenai cara daftar keanggotaan BPJS Kesehatan.

Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Online

Pendaftaran keanggotaan BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat di kota ibu atau mendaftar secara online melalui website resmi BPJS Kesehatan. Mendaftar secara online memiliki banyak keuntungan bagi ibu karena lebih praktis, ibu tidak perlu repot mendatangi kantor BPJS dan capek mengantri. Proses pendaftaran bisa dilakukan di rumah asal ada koneksi internet beserta semua persiapan persyaratan lainnya.

Persyaratan yang harus dipersiapkan

Sebelum ibu memulai mendaftar secara online, pastikan sudah mempersiapkan semua persyaratan yang diperlukan sebagai berikut:
1. Kartu Keluarga
2. File foto (file dalam bentuk digital, bisa hasil foto langsung atau hasil scan foto yang sudah di print)
3. KTP (Kartu Tibu Penduduk)
4. Kartu NPWP (jika ada)
5. Alamat email yang aktif (untuk aktivasi akun setelah daftar)
6. No HP dari setiap anggota yang akan didaftarkan
7. No Rekening Bank Penanggung untuk proses pembayaran iuran (Bank BRI, BNI dan Mandiri)


Tahapan Proses Pendaftaran

Setelah semua persyaratan dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mulai proses pendaftaran BPJS Kesehatan dengan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Pastikan komputer ibu memiliki koneksi internet yang baik.
2. Buka website resmi BPJS Kesehatan di: http://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-online/
3. Akan terbuka sebuah halaman yang berisi tampilan ketentuan yang berlaku
4. Jika sudah membacanya, beri tibu ceklis pada kota di pojok kiri bawah dengan tulisan “saya menerima dan menyetujui....” lalu dilanjutkan dengan mengklik tombol “Pendaftaran”



5. Selanjutnya akan muncul halaman baru dan masukan No KK dengan didahului memberi ceklis di bagian bawah seperti gambar berikut.



6. Jika sudah muncul nama anggota keluarga, tinggal klik “Proses Selanjutnya”



7. Isi semua data yang diperlukan dan upload foto close-up lalu klik “Proses Selanjutnya”.



8. Jika sudah dilakukan pengisian data untuk semua anggota keluarga maka langkah selanjutnya adalah ibu mengecek email ibu yang berisi email aktivasi akun, klik link tersebut untuk aktivasi.
9. Jika sudah melakukan aktivasi ibu akan bisa mendownload dan mencetak file PDF berisi nomor Virtual Account yang akan digunakan untuk membayar iuran ibu tiap bulan di Bank yang telah ditunjuk.
10. Untuk cara terbaru, pembayaran iuran baru bisa dilakukan 14 hari setelah ibu mendaftar seiring dengan mulai aktifnya kartu ibu. Tanggal pembayaran pertama ibu ditentukan di lembar virtual akun yang ibu cetak tadi terletak dibagian bawah, bacalah dengan teliti. Setelah ibu membayar di tanggal yang ditentukan, buka kembali email aktivasi sebelumnya, maka ibu akan dapat mencetak kartu keanggotaan ibu dan secara resmi telah menjadi anggota BPJS Kesehatan.
11. Sekian ulasan mengenai BPJS Kesehatan, manfaat dan cara daftarnya. Semoga ibu selalu dalam kesehatan baik selama kehamilan maupun sampai persalinan nanti. Sedikit tips untuk ibu, lakukan pembayaran sebelum tanggal 10 setiap bulannya untuk menghindari denda sebesar 2%/bulan. Semoga bermanfaat.


Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)