Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

TINJAUAN KOMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (CMC) DALAM PEMBELAJARAN MULTI MEDIA


TINJAUAN KOMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (CMC) DALAM PEMBELAJARAN MULTI MEDIA


CMC Dalam Pembelajaran Interaktif

Konsep Computer Mediates Communication (CMC) ini merupakan konsep baru dalam bidang komunikasi pembelajaran. Konsep ini muncul sebagai hasil proses difusi inovasi ini telah banyak dilakukan dalam berbagai bidang ilmu, diantaranya dalam ilmu komunikasi pembelajaran. Komunikasi erat kaitannya dengan proses pendidikan. Dan proses difusi inovasi berkaitan dengan media komputer.

Sehubungan dengan analisis media komputer dalam penelitian ini maka medium ini berfingsi untuk mentransformasikan informasi. Dengan demikian, bagaimana informasi yang disampaikan melalui media komputer bisa diterutama dan mampu mengubah perilaku penerima. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini dapat ditinjau dari beberapa dimensi, yaitu :
·           Dimensi Accessibility
·           Dimensi Speed
·           Dimensi Amount
·           Dimensi Cognitive Effectiveness
·           Dimensi Relevance
·           Dimensi Motivating

Komputer Sebagai Media Baru Dalam Proses Komunikasi Pembelajaran

Aplikasi teknologi cenderung mengarah pada aspek pengelolaan proses komunikasi, pemanfaatan, media komunikasi baru, serta sistem informasi atau manajemen atau informasi kondisi yang mengakibatkan terjadinya pemanfaatan teknologi dalam komunikasi ini diasumsikan merupakan salah satu akibat dari adanya “difusi inovasi”.
Informasi yang dipersiapkan dalam banyak jumlah banyak untuk keperluan komunikasi yang dinamis mudah dilakukan melalui penyimpanan data dalam bentuk basis data atau database dalam komputer. Pool menyatakan (1983) menyatakan bahwa informasi yang besar bila diedit (diproses), disimpan, ditransformasikan, dan dicari kembali dengan cepat serta tidak menutup kemungkinan untuk dituangkan dalam kertas.

CMC Dan Sistem Jaringan Interkasi

Media komunikasi yang dimanfaatkan dalam proses komunikasi pembelajaran diharapkan mampu membantu mengefektifitaskan proses penyampaian pesan. Julian T Wood (1998) menyatakan, “teknologi komputer membolehkan orang mengirim atau menerima informasi secara lebih cepat”. Adapaun ruang lingkup konsep CMC mengarahkan pemahaman kita terhadap perangkat lunak komputer yang bisa dimanafaatkan dalam proses komunikasi world wide web (WWW) merupakan salah satu bagaian pelayanan yang ada dalam internet atau komputer media masa yang akan datang. Mosaic adalah browser untuk pembacaan hypertext. Gorpher merupakan salah satu menu dasar yang penting dalam proses pencarian sumber pesan dalam internet, dll.

CMC Dalam Komunikasi Pembelajaran

Dalam lingkup pendidikan dan penelitian, media komunikasi ini ditunjukan untuk penyampaian pesan pembelajaran dari intruktur kepada peserta pelatihan. Media komunikasi pembelajaran komputer ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran jarak jauh. Proses penyampaian petunjuk pelaksanaan belajar, proses penyampaian pesan pembelajaran, dan proses evaluasi dapat dilakukan secara langsung tanpa harus keluar dari  lingkungan akademik yang dimaksud.
Aktivitas pembelajaran yang dinamis dapat diukur dari kadar proses interaksi anatara subjek didik, guru, dan sumber belajar lainnya. Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran di lingkungan divlat telkom, pemanfaatan media komputer, terutama berhubungan dengan multimedia.

Konsep Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran

Konsep ini menuntut suatu kajian dari beberapa konsep atau gabungan konsep yang menjembatani konsep secara keseluruhan. Fungsi dari sistem informasi manajemen pembelajaran ini diasumsikan akan mendukung pemenuhan terhadap kebutuhan informasi pembelajaran. Informasi pembelajaran yang dikelola melali SIM ini diharapkan mampu memenuhi karakteristik Amount of information, Quality of information, recency of information,Accuary of information, Authenticity of information.



Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)