TEKNIK
PENULISAN SKRIP
Definisi Skrip
Pembelajaran multimedia adalah sebuah
konsep inovasi pembelajaran yang lalu sampai saat ini banyak macam ragam desain
dan implementasinya dalam dunia pendidikan dan pembelajaran.
Skrip adalah sejumlah naskah perencanaan
berbasis komputer yang mencakup analisis kebutuhan program yang harus disiapkan
oleh perancang pembelajaran berbasis komputer.
Model ini bisa dikembbangkan untuk
materi yang memilik karakteristik yaitu :
·
Informasi baru
·
Bersifat konsep
·
Luas dan mendalam
·
Memerlukan kontrol dan mastery
learning
·
Berhubungan antara bagian
pokok materi yang satu dan yang lainnya
·
Memungkin dipelajari secara
berulang
·
Memiliki pola berpikir dan
arah pembelajran bercabang
·
Membutuhkan kontrol waktu
dalam setiap segmen materi
·
Menekankan pada pengoptimalkan
pencapaian aspek.
Komponen
Skrip Model Tutorial
Komponen penting dalam model tutorial,
yaitu:
·
Pengenalan: judul program
identitas program, objektivitas penyajian, petunjuk, stimulasi prioritas,
inisial kontrol.
·
Penyajian informasi: mode
presentasi, grafik dan animasi, warna dan penggunaannya.
·
Pertanyaan dan respon-respon
·
Penilaian respon
·
Pemberian balik respon
·
Pengulangan
·
Segment pengaturan pelajaran
·
Penutupan.
Karakteristik
Skrip Model Simulasi
Ketentuan umum Skrip Model Simulasi
adalah sebagai berikut :
·
Bersifat proses bekerjanya
sesuatu alat, penciptaan produk tertentu
·
Terdiri dari Prosedur dalam
bentuk system tertentu;
·
Mempelajari cara menggunakan
alat, prosedur dan langkah-langkah tertentu;
·
Bertujuan untuk membuktikan
sesuatu melalui proses eksperimen
·
Memperagakan dan menunjukkan
simulasi secara berurutan
·
Berupa analisis, sintesis
dan aplikasi
·
Memerlukan proses pengamatan
yang cermat;
·
Menekankan pada pencapaian
aspek afektif dan psikomotorik
·
Menuntut evaluasi praktik
dan pengamatan.
Adapun prosedur Skrip model simulasi adalah sebagai berikut.
·
Pendahuluan berisi:
Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi pelajaran,
petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh selama proses simulasi
berlangsung;
·
Pokok materi: disajikan
dalam bentuk simulasi atau proses terjadinya sesuatu cara atau prosedur kerja
dan mengerjakan sesuatu dengan dan tanpa alat khusus dengan sajian animasi yang
lengkap.
·
Adanya fasilitas untuk
melakukan proses penggulangan simulasi dari materi yang dimaksud
·
Adanya ilustrasi dalam
bentuk animasi dari penjelasan materi yang berhubungan dengan prosedur, proses
dan cara kerja serta menggunakan alat tertentu;
·
Pemberian fasilitas
pengulangan simulasi oleh peserta didik mengenai materi yang disajikan.
·
Evaluasi disajikan secara
terpisah dari materi dalam bentuk simulasi tersebut. Evaluasi disusun seperti
halnya pada tutorial.
·
Soal formatif atau UTS, bisa
disajikan secara tersendiri
·
Melihat hasil
Karakteristik
Skrip Model Games
Secara umum karakteristik Skrip Model
Games adalah sebagai berikut :
·
Bersifat proses mencari dan
menemukan jawaban sendiri oleh peserta didik
·
Terdiri dari prosedur dan
langkah serta aturan permainan yang harus diikuti selama pembelajaran
berlangsung
·
Materi terdiri atas
bagian-bagian yang harus memiliki satu kesatuan
·
Bertujuan untuk membuktikan
sesuatu dan mencari jawaban sesuai dengan langkah permainan
·
Menunjukkan proses dan
prosedur permainan yang menarik
·
Bersifat analisis, sintesis,
evaluasi, dan penyimpulan bagian materi.
·
Memerlukan proses permainan
dan berpikir kritis
·
Memerlukan bentuk dan
variasi stimulus dan penguatan yang kuat
·
Menuntut evaluasi dalam
bentuk sikap, kejujuran dan kecermatan.
·
Prosedur yang ada dalam
Skrip Model Games ini yaitu:
·
Pendahuluan berisi:
Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi pelajaran,
petunjuk atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh dalam bentuk petunjuk
permainan.
·
Pokok materi: disajikan
dalam bentuk permainan (kuis, peragaan, pelakonan, dan sebagainya) selama
mengerjakan sesuatu dengan kategori permainan yang variasi.
·
Adanya fasilitas, untuk
melakukan proses pengulangan permainan dan setiap bagian materi
termuat di dalamnya
·
Adanya pelakon, tokoh atau
pengganti peran siswa dalam setiap permainan.
·
Pemberian fasilitas
pengulangan permainan oleh peserta didik mengenai materi yang disajikan.
·
Setiap akhir permainan ada
reward.
·
Evaluasi disajikan di akhir
permainan baik secara terpadu atau terpisah dari materi yang disajikan
·
Soal formatif atau UTS bisa
disajikan secara tersendiri di luar prosedur permainan.
·
Melihat hasil
Karakteristik
Skrip Model Drill
Ketentuan materi yang dapat dikemas
dalam bentuk model ini adalah sebagai berikut :
·
Telah disampaikan pada
pertemuan sebelumnya atau akan diberikan selanjutnya.
·
Bersifat Pretest dengan fungsi diagnostic kemampuan pemahaman dan
kecepatan belajar peserta didik;
·
Tanpa banyak uraian dan
sederhana
·
Bersifat penerapan dan
kesimpulan
·
Materi yang sifatnya dasar
atau prasyarat dalam mempelajari materi selanjutnya.
·
Menekankan pada aspek
kognitif.
Langkah-langkah yang dilakukan pada Skrip Model Drill :
·
Pendahuluan berisi :
Identitas mata pelajaran, identitas programmer, judul pokok materi pelajaran, petunjuk
atau langkah pembelajaran yang harus ditempuh dalam bentuk petunjuk pengerjaan
soal-soal pilihan ganda
·
Pokok materi: disajikan
dalam sajian soal-soal secara terstruktur dan linier dalam bentuk soal pilihan
ganda
·
Adanya deteksi salah benar
terhadap jawaban yang diberikan peserta didik.
·
Adanya respon atas jawaban
benar atau salah dari jawaban yang diberikan
·
Adanya fasilitas untuk
melakukan proses menjawab soal yang mewakili bagian materi yang disajikan
·
Adanya fasilitas evaluasi
secara terpisah
·
Adanya deteksi waktu yang
harus digunakan dalam menjawab setiap soal sesuai jumlah soal yang tersedia.
·
Adanya grafik mengenai
pencapaian skor dan kriteria mengulang tidaknya siswa dalam mengikuti proses
latihan tersebut.
Comments
Post a Comment