Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

PEMROGRAMAN CAI MODEL TUTORIAL DENGAN MICROSOFT POWERPOINT DAN AUDACITY



PEMROGRAMAN CAI MODEL TUTORIAL DENGAN MICROSOFT POWERPOINT DAN AUDACITY


Analisis Kondisi
Dalam membangun sebuah program pembelajaran interaktif berbasis komputer atau dalam konteks multimedia, sebetulnya sangat banyak software yang dapat dimanfaatkan. Mulai dari software yang termasuk ke dalam kelompok programming tools, macromedia, web bahkan yang berbasis windows office sekalipun pada dasarnya dapat dimanfaatkan untuk memproduksi sebuah pembelajaran multimedia atau CAI. Sebagaimana yang akan penulis paparkan pada bagian ini, Microsoft office powerpoint sekalipun sebetulnya mampu menghasilkan program yang cukup bagus jika mau kreatif. Terutama sekali hal ini sangat membantu bagi para programmer pemula. Penguasaan sistematika, prosedur, dan alur pikir pembelajaran sangat penting untuk dipahami. Artinya, jika seorang guru atau dosen menguasai berbagai software programming tools, tetapi tidak memahami logika berfikir dan tahapan pembelajaran model CAI atau multimedia secara benar, maka tidak akan menjamin dia mampu menghasilkan produk yang baik.

Keunggulan Microsoft Office PowerPoint
Sebetulnya, perkembangan office bagi para programmer pembelajaran berbasis komputer sangat menguntungkan. Hal ini dilihat pada beberapa versi powerpoint yang semakin maju dengan kelengkapan fitur-fitur yang semakin lengkap. Pada prinsipnya, beberapa fasilitas powerpoint yang dapat digunakan untuk memprogram model pembelajaran interaktif masih sama antara versi sekarang dan versi sebelumnya. Perbedaan antara versi powerpoint hanya terlihat pada penempatan dan posisinya pada menu windowsnya.
Berikut adalah tahapan pembuatan program multimedia interaktif (CAI) model tutorial. Anda bisa menggunakan versi office 2007. Adapun fitur-fitur yang dibutuhkan diantaranya :
1.  New Slide
Prinsip dalam memprogram multimedia yakni berupa project, artinya sebuah proyek pengembangan pembelajaran terdiri atas beberapa komponen yang merupakan sejumlah fail. Jika menggunakan powerpoint, maka kita harus menyiapkan 1 fail yang berisi 1 slide. Hal ini wajib untuk membangun sebuah interelasi atau keterhubungan antar fail 1 dengan fail lainnya atau lebih dikenal dengann istilah “link” dan “hyperlink”.

2.  Shapes
Shapes merupakan fasilitas menu fulldown yang tersedia untuk dipakai dalam membuat beberapa fasilitas interaktif program pembelajaran CAI, seperti membuat tombol, mengetik teks dalam objek, sebagainya.
Icon-icon yang tersedia berfungsi untuk membuat fasilitas tombol action dalam CAI tutorial maupun model lainnya, hal ini sesuai juga dengan simbol-simbol yang biasa dikenal untuk membuat flowchart. Seperti kelompok icon Action Button yang akan sering digunakan dalam pembuatan link maupun hyperlink.

3.  Fasilitas untuk melakukan link antar – file dan antar - slide pada menu powerpoint.
Dalam powerpoint sebetulnya sudah disediakan fasilitas untuk melakukan link maupun hyperlink antar – fail powerpoint atau fail lainnya untuk dapat dikoneksikan dengan program yang sedang dibuat.
Akan tetapi, dalam membuat link atau hyperlink hendaknya tidak hanya menggunakan fasilitas tersebut. Gunakanlah fasilitas yang ada pada menu fulldown ketika anda mengklik kan objek, gambar atau teks yang sedang dibuat. Hal ini akan membiasakan kita untuk mampu mengelola sejumlah fail yang akan dihubungkan satu sama lain dalam sebuah tampilan. Demikian juga dalam proses memproduksi pembelajaran CAI seperti model tutorial, prosedur melakukan link ini akan menuntut dilakukan melalui prosedur tersebut.
Ketika anda mengklik kanan teks pemrograman tersebut maka akan menu fulldown dan akan muncul juga fasilitas hyperlink yang dapat digunakan untuk melakukan link dari teks tersebut ke fail atau slide yang diinginkan.

4.  Mengenal fasilitas BackSound atau rekaman audio
Fasilitas penting lainnya dari powerpoint untuk kepentingan pemrograman multimedia pembelajaran atau CAI, yaitu fasilitas menu icon backsound audio atau music. Menu ini penting guna mempertajam sajian visual yang akan kita kembangkan pada layar yang sedang diamati oleh peserta didik. Fungsi dari fasilitas ini, yaitu mampu memanggil fail-fail yang sudah ada di dalam hard disk komputer atau notebook anda, seperti fail suara hasil rekaman ataupun hasil unduh musik dan sebagainya.
Gambar Movie dan Sound yang terletak pada toolbar powerpoint menunjukan bahwa letak icon untuk memasukan suara berbentuk corong suara (megafon). Beberapa fail yang dapat dipanggil oleh icon suara ini diantaranya fail Mp3, SWAF, dan sejenisnya.
Setelah anda menyisipkan file musik yang diambil dengan menggunakan fasilitas menu icon sound maka akan muncul menu pilihan lalu anda klik tombol Automatically. Hasilnya, musik akan terdengar dengan sendirinya ketika slide tersebut kita main atau tampilkan setelah itu menekan tombol Ctrl + S (saving).

5.  Mengenal fasilitas Insert Movie atau rekaman video
Dalam membuat program pembelajaran berbasis komputer atau CAI (yang sering dikeal dengan pembelajaran multimedia) dengan menggunakan Microsoft powerpoint, fasilitas penting lainnya yang harus anda kenali adalah insert movie atau video. Fungsi dari fasilitas ini sangat penting guna mempertajam penjelasan yang disampaikan oleh seorang pendidik. Demikian juga ketika dibutuhkan suatu sajian simulasi atau penyajian tentang kajadian tertentu, yang ketika pembelajaran ingin disampaikan, maka solusinya dalam pembelajaran interaktif ini anda harus memprogramnya dan menyajikan secara otomatis. Langkah yang harus dilakukan adalah, klik insert, lalu klik movie dan pilih video yang anda miliki, setelah memilih fail tersebut, klik OK, maka akan muncul menu pilihan lalu anda klik tombol Automatically, selanjutnya anda atur tata letak agar posisi video tersebut seimbang, selanjutnya menekan tombol ctrl + S (saving).

Memprogram CAI dengan Menggunakan Microsoft Office PowerPoint
Setelah anda mengenal dan memahami begaimana bekerja dengan powerpoint untuk melengkapi sebuah fail pembelajaran, selanjutnya anda harus mampu membuat model pembelajaran CAI atau pembelajaran multimedia interaktif. Sebelumnya anda memproduksi sebuah pembelajaran interaktif maka ada beberapa syarat yang harus diperhatikan, diantaranya :
1)    Pastikan anda telah memiliki flow chart dengan model tutorial atau model CAI lainnya seperti drill, simulasi, atau permainan.
2)    Anda juga harus sudah memiliki Story board sesuai dengan bidang studi/mata pelajaran masing-masing.
3)    Pastikan anda telah memiliki sebuah folder dengan nama “Latihan” MMI (Multimedia Interaktif).
4)    Folder tersebut harus berisi sejumlah fail yang anda perlukan (baik dalam bentuk word, excel, powerpoint, audio, video, image) yang diperkirakan akan mendukung proyek pembelajaran anda.
5)    Pastikan ada software pembangunan seperti, Macromedia Flash, Dreamwaver, Authoring, Macromedia, dan sejenisnya.
6)    Komputer atau Notebook anda diinstal minimal dengan windows versi 2000, ME, XP, Vista, ataupun Windows 7.
7)    Pastikan juga anda telah menginstal Microsoft Office versi 98, 2000, 2003, ataupun 2007.

Mengenal Software Audio Pendukung Pemrograman CAI
Ms. Powerpoint sebetulnya bisa mengimport beberapa fail audio, diantaranya fail WAP dan Mp3. Sebelum melakukan insert fail audio, berikut penulis kenalkan salah satu software Audacity yang cukup ringan dan sederhana dalam membuat fail rekaman audio untuk dieksport ke fail berektensi. WAP sehingga bisa diinsert ke fail powerpoint.

Menggunakan Logika Link dan Hyperlink dalam Memprogram Materi Model CAI melalui Microsoft PowerPoint
Pemrograman materi untuk tutorial dengan powerpoint memang memerlukan ketelitian dan pemeriksaan kembali yang harus dilakukan setiap saat karena prinsip dari tutorial menekankan prosedur pengulangan sajian materi jika soal yang dijawab peserta didik belum benar. Artinya, mastery learning akan ditentukan oleh jawaban-jawaban yang benar dari peserta didik ketika mengerjakan soal setelah mempelajari materi pertama. Jika siswa ingin meneruskan pada materi kedua, maka soal yang ia kerjakan harus benar jawabannya.
Untuk memprogram logika tersebut dengan powerpoint, maka tahapannya yaitu :
1.      Siapkan fail slide berisi materi-1 dan slide soal. Ada dua slide yang disiapkan, slide pertama berisi uraian materi dan slide kedua berisi soal. Slide soal merupakan syarat peserta didik untuk menuju materi ke-2 yang harus sudah anda siapkan, dan peserta didik harus menjawab soal yang disediakan dengan benar.
2.      Klik slide soal, lalu perhatikan tombol-tombol pilihan opsi yang anda design misalkan opsi a,b dan c.
3.      Lakukanlah pemrograman logika untuk tiap tombol opsi tersebut. Tombol opsi a yang merupakan jawaban benar dihubungkan dengan materi kedua pada fail slide yang berbeda dengan menggunakan hyperlink.
4.      Untuk tombol opsi b dan c dihubungkan dengan materi ke-1 kembali dengan menggunakan hyperlink.
5.      Klik slide show. Ketika fail materi dibaca oleh siswa kemudian peserta didik mengklik tombol next, maka akan muncul slide soal dengan 3 option, kemudian peserta didik harus memilih tombol opsi mana yang benar. Cobalah anda menekan tombol opsi a, opsi b, opsi c maka apa yang terjadi ?
6.      Untuk menuntaskan beberapa bagian materi yang anda pecah dalam bentuk slide materi melalui powerpoint, maka logika loop atau pengulangan seperti yang sudah dilakukan hingga tahapan ke-5 bisa anda lakukan berulang-ulang sesuai dengan cakupan dan urutan pokok materi yang akan dikembangkan dalam pembelajaran CAI model tutorial ini.

Sebuah Refleksi
Apa yang anda lakukan pada bab ini setidaknya akan memberikan pengalaman yang cukup berarti walaupun software yang digunakan hanyalah berbasis Microsoft Office. Jika mau kreatif dan sedikit berusaha mengoptimalkan Ms. PowerPoint ini maka hasilnya akan mampu mengimbangi program pembelajaran yang di desain melalui program aplikasi programming tools yang modern sekarang ini, seperti Macromedia, Autoring Tools, dan beberapa kelompok Macromedia lainnya seperti Dreamwaver, Director, dan sebagainya.



Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)