Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

PEMROGAMAN CAI MODEL DRILLS DALAM MEDIA PEMBELAJARAN


PEMROGAMAN CAI MODEL DRILLS DALAM MEDIA PEMBELAJARAN



Konsep Pembelajaran CAI Model Drills

Metode drills dalam CAI pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya. 

Untuk lebih jelasnya dapat disimak sebagai berikut.
Secara umum, tahapan materi program CAI drills adalah, sebagai berikut :
·      Masalah-masalah yang disajikan bentuk latihan soal pada tingkat tertentu dari penampilan siswa
·      Siswa mengerjakan soal latihan
·      Program merekam penampilan siswa, mengevaluasi kemudian memberikan umpan balik
·      Jika jawaban yang diberikan siswa benar, maka program menyajikan materi selanjutnya dan jika jawaban salah, maka program menyediakan fasilitas untuk mengulangi latihan atau remediation, yang dapat diberikan secara parsial atau pada akhir keseluruhan soal.

Program CAI merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pelajaran. Hal tersebut searah dengan apa yang dikemukakan : “sistem-sistem komputer dapat menyampaikan pembelajaran secara langsung kepada para siswa melalui cara berinteraksi dengan mata pelajaran yang diprogramkan ke dalam sistem; inilah yang disebut pengajaran dengan bantuan komputer.

Flow Chart

Flow chart atau bagan alur adalah suatu bagan yang berisi simbol-simbol grafis yang menunjukan arah aliran kegiatan dan data-data yang dimiliki program sebagai suatu proses eksekusi. Bagan alur ini bersifat umum, artinya tidak bergantung bahasa pemprograman.
Terdapat dua macam proses terstruktur dasar, yaitu :
1.    Pemilihan berkondisi
Adalah pemilihan langkah berikutnya yang ditentukan oleh kondisi. Jika kondisi terpenuhi maka proses berlanjut, jika tidak maka proses menempuh alternated lain. Pemulihan berkondisi diungkap melalui pernyataan IF- THEN atau IF- THEN- ELSE.
2.    Proses pengulangan
Proses pengulangan berlangsung atas jumlah pengulangan yang ditetapkan saat program ditulis, atau ditetapkan kemudian saat program dijalankan. Proses pengulangan diungkapkan melalui pernyataan REPEAT – UNTIL, FOR – DO.
Bentuk-bentuk yang digunakan dalam pembuatan flow chart mempunyai arti khusus, apakah menggambarkan proses input, output, menggambarkan proses pengolahan informasi atau langkah mengambil keputusan.

Langkah-langkah produksi CAI Model Drills

a.     Perencanaan produksi model program CAI
1.  Satuan pelajaran (RPP)
2.  Perencanaan program CAI drills
3.  Flow chart program pembelajaran CAI drills
b.     Proses produksi program CAI model drills
Pada tahap proses produksi program CAI, harus diperhatikan tahapan model tutorial yang terdiri dari :
·         Judul program (title page)
Judul program merupakan bagian penting untuk memberikan informasi kepada siswa tentang apa yang akan dipelajari dan disajikan dalam program tutorial ini.
·         Objektivitas penyajian
Disajikan tujuan umum dan khusus dari materi program yang akan dirancang.
·         Petunjuk
Brisi cara menggunakan program yang anda buat diusahakan dapat membantu siswa agar mampu mengoperasikan program tersebut.

Penyajian Informasi

·         Model penyajian atau mode presentation driil
Mode ini biasanya mempergunakan informasi visual selain teks seperti gambar, grafik, foto dan image yang dianimasikan
·         Panjang teks penyajian
Setiap persentasi diusahan sesingkat mungkin agar dapat memberikan lebih frekuensi interaksi dengan siswa
·         Grafik dan animasi
Grafik digunakan sebagai informasi dan animasi sebagai isyarat
·         Warna dan penggunaannya
Penggunaan warna yang sesuai agar berguna untuk menarik perhatian dan memfokuskan siswa.
·         Pengajaran prompt
Prompt atau acuan digunaka untuk memandu dan memberikan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan siswa. 
·         Closing (penutup)
Merupakan ringkasan tentang informasi pelajaran. Berupa point-point utama, sebuah paragraph tentang tujuan pembelajaran, saat program sudah mengumpulkan data kemampuan hasil belajar siswa dan rekomendasi untuk pembelajaran selanjutnya.

Dasar-dasar produksi program CAI dengan menggunakan software macromedia flash yaitu:
·      Pengenalan software macromedia flash
·      Membuat teks
·      Mengimpor image (gambar, foto grafis)
·      Membuat animasi sederhana dengan macromedia flash
·      Membuat button
·      Memasukan audio
·      Membuat action script (bahasa pemrograman macromedia flash)


Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)