Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal

Image
  Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal Upaya kolaboratif dalam meningkatkan kesehatan maternal dan perinatal sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal. Berikut ini adalah beberapa contoh upaya kolaboratif yang dapat dilakukan: 1.       Kolaborasi antara tenaga medis dan bidan: Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan bidan dapat bekerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan yang holistik kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir. Dengan saling berbagi pengetahuan dan keterampilan, mereka dapat meningkatkan pemantauan kehamilan, memberikan perawatan prenatal yang tepat, dan menangani komplikasi saat melahirkan. 2.       Kemitraan antara lembaga kesehatan dan masyarakat: Kolaborasi antara fasilitas kesehatan, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat lokal dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan maternal dan perinatal. Misalnya, mengadakan kampanye penyuluhan dan program edukasi di komunitas mengenai perawa

Tanda-tanda Kehamilan





Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. Lamanya hamil adalah 280 hari (40 minggu atau 9 bulan 7 hari) di hitung dari hari pertama haid terakhir. Kehamilan dibagi dalam 3 triwulan yaitu triwulan pertama dimulai dari konsepsi sampai 3 bulan, triwulan kedua dari bulan keempat sampai 6 bulan, triwulan ketiga dari bulan ketuju sampai 9 bulan. 



Tanda – Tanda Kehamilan
1.        Tanda dugaan hamil
a.    Menstruasi terlambat
b.    Mual muntah
c.    Ngidam
d.   Tidak tahan terhadap bau-bauan
e.    Pingsan
f.     Anoreksia
g.    Lelah
h.    Miksi sering
i.      Payudara besar dan tegang
j.      Sulit BAB
k.    Perubahan warna kulit pada daerah tertentu: leher, muka, dan areola
l.      Epulsi Varises
2.        Tanda – tanda pasti
a.    Mendengar bunyi jantung anak
b.    Melihat, meraba atau mendengar pergerakan anak oleh pemeriksa
c.    Melihat rangka janin dengan sinar rontgen atau dengan ultrasound
3.        Tanda – tanda mungkin
a.       Rahim membesar

Gambar 2.1 Rahim Membesar
b.      Tanda hegar yaitu melebarnya daerah pelunakan di istmus SBR, menyebabkan cekungan. Terjadi pada kehamilan 6-8 minggu.

Gambar 2.2 Tanda Hegar
c.       Tanda Cadwick yaitu pembendungan pembuluh darah daerah panggul menyebabkan warnaserviks menjadi kebiruan (livid) atau purplish (unggu). Disebabkan karena meningkatnya vascularisasi pada serviks.

Gambar 2.3 Tanda Chadwick
d.      Tanda Goodle yaitu serviks menjadi lunak dan cyanosis disebabkan pertambahan vascularisasi jaringan. Muncul pada minggu ke 4.
e.       Tanda ladin yaitu uterus melunak didaerah anterior, tengah didaerah antara uterus dan serviks. Mulai teraba pada kehamilan 6 minggu.

Gambar 2.4 Tanda Ladin
f.       Tanda Mc Donald yaitu serviks dan uterus dapat dengan mudah ditekuk pada pertemuannya. Dapat dilihat pada kehamilan 7-8 minggu.
g.      Tanda Piscaseck yaitu perubahan asimetris pada bentuk uterus hamil didaerah fundus dimana terjadi implantasi tampak lebih menonjol disebabkan oleh hyperemi setempat karena hormonal.

Gambar 2.5 Tanda Piscaseck
h.      Kontraksi Braxton hiks yaitu kontraksi uterus ringan, ireguler ringan, tidak sakit, semakin meningkat frekuensinya pada TM II.
i.        Teraba ballotment teraba pada kehamilan 16-20 minggu.

Gambar 2.6 Ballotment
j.        Test kehamilan (+). (13)

Gambar 2.7 Tes Kehamilan

Comments

Popular posts from this blog

Konsep Cairan dan Elektrolit Tubuh

Makalah Konsep Dasar Teori Air Susu Ibu (ASI)