Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Kebidanan Tingkat III tentang Asuhan kebidanan Dengan Kemampuan Membuat Laporan Komprehensif
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Menurut
bank dunia, WHO, UNFPA, dan beberapa organisasi donor dunia menyelenggarakan
konperensi “Safe Matherbood” dengan tujuan mendorong gerakan dunia untuk
memperhatikan kesejarteraan ibu sehingga angka kematian maternal dan perinatal
dapat diturunkan. Sampai saat ini bisa dikatakan bahwa bidan merupakan salah
satu propesi primadona, khususnya dibidang kesehatan. Hal ini dapat dilihat
dimana dipropesi ini telah mendudukan peran dan posisi seorang bidan menjadi terhormat
dimasyarakat karena tugas yang di embannya dalam upaya memberikan pelayanan
pada ibu hamil, bersalin, ibu nifas, dan juga bayi / anak.1
Sebagai
konsekuensi dari perkembangan tingkat kebutuhan masyarakat yang semakin bermutu
terhadap pelayanan kebidanan. Perubahan – perubahan yang cepat dimasyarakat dan
perkembangan ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK) serta persaingan ketat di era
globalisasi, diperlukan tenaga kesehatan khususnya bidan yang berkualitas, baik
pengetahuan, sikap dan keterampilan propesionalisme.1
Untuk
memenuhi kebutuhan tenaga bidan propesional perkembangan pendidikan kebidanann
sebaiknya dipandang secara kesimbungan, berjenjang dan berkelanjutan sesuai
dengan prinsif belajar seumur hidup bagi bidan yang mengabdi ditenga-tengah
masyarakat. Untuk itu jalur pendidikan formal kebidanan telah dimulai dengan
berdirinya pendidkan diploma kebidanan baik milik pemerintah, swasta, pemda,
dan dari jalur informal juga dicantumkan melalui pelatihan – pelatihan. 2
Salah
satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan
adalah dengan adanya system pendokumentasian yang baik, system pendokumentasian
yang dilaksanakan dpat memberikan manfaat antara lain sebagai sarana komunikasi
antara tenaga kesehatan, sarana untuk dapat mengikuti perkembangan dan evaluasi
pasien, dapat dijadikan data penelitian dan pendidikan, mempunyai nilai hokum
dan merupakan dokumen yang sah. Dalam kebidanan banyak hal penting yang harus
didokumntasikan yaitu segala asuhan atau tindakan yang di berikan oleh bidan
baik pada ibu hamil, ibu bersalin, nifas, bayi dan keluarga berencana.
Sejalan
dengan penjelasan bidan sebagai suatu jabatan propesional yaitu melalui jenjang
pendidikan yang menyiapkan bidan sebagai tenaga propesional, berarti seseorang
dapat menjadi bidan jika mengikuti jenjang penddikandilemabaga pendidikan
dimana berada pada suatu institudi pendidikan tinggi. Penyelenggara pendidikan
kebidanan adalah institute pendidikan tinggi baik pemerintah maupun swasta,
sesuai dengan kaidah – kaidah yang tercantum pada system pendidikan nasional.2
XXX
sebagai lembaga pendidikan merupakan pusat pengembangan ilmu pengetahuan dalam
cabang ilmu guna memenuhi kebutuhan diXXX. Terdapat tiga program studi diantaranya
DIII kebidanan, DIII keperawatan, dan DIII kesehatan lingkungan. Berdasarkan
data statistic jumlah mahasiswa tahun akademik 2013 / 2014 semester genap diXXX
XXX program studi DIII kebidanan tingkat I sebanyak 90 orang, tingkat II
sebanyak 114 orang, tingkat III sebanyak 120 Orang. 3
Berdasarkan
studi pendahuluan yang peneliti lakukan pada tanggal 17 Juni 2014 pada orang
mahasiswa kebidanan tingkat III didapatkan hasil bahwa pengetahuan mahasiswa
kebidanan tentang pembuatan laporan komprehensif hasilnya 80 Mahasiswa mengerti
dan bisa mengerjakan dengan benar dan sisanya 40 mahasiswa kurang mengerti dan
belum bisa mengerjakan. Setelah dilakukan Tanya jawab kepada 35 orang mahasiswa
ternyata 20 mahasiswa mampu mengerjakan dengan tepat waktu dan 15 orang mahasiswa tidak mampu mengumpulkan
asuhan kebidanan dengan tepat waktu.
Berdasarkan
pernyataan diatas penulis tertarik untuk menelti tentang “Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Kebidanan Tingkat III tentang Asuhan kebidanan
Dengan Kemampuan Membuat Laporan Komprehensif Di XXX XXX Tahun 2014”.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang penelitian diatas, maka penulis merumuskan masalah penelitian “Apakah
Ada Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Kebidanan Tingkat III tentang Asuhan kebidanan Dengan
Kemampuan Membuat Laporan Komprehensif
Di XXX XXX Tahun 2014”.
C.
Tujuan
Penelitian
1.
Tujuan
Umum
Untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan Mahasiswa Kebidanan Tingkat III Tentang Asuhan Kebidanan
Dengan Kemampuan Membuat Laporan Komprehensif Di XXX XXX Tahun 2014”.
2.
Tujuan
Khusus
a.
Untuk mengetahui
tingkat pengetahuan mahasiswa kebidanan tingkat
III tentang kegiatan komprehensif.
b.
Untuk mengetahui
tingkat kemampuan mahasiswa kebidanan tingkat III dalam membuat laporan komprehensif
c.
Untuk mengetahui sejauh mana
hubungan pengetahuan mahasiswa kebidanan
tingkat III dengan
kemampuan membuat laporan komprehensif.
D.
Ruang
Lingkup
Ruang
lingkup dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengetahuan mahasiswa kebidanan
tingkat III tentang kemampuan
membuat laporan komprehensif di XXX XXX.
E.
Kegunaan
Penelitian
1.
Guna
Teoritis (Keilmuan)
a.
Bagi
Institusi Pendidikan XXX
Dapat
dijadkan informasi dan referensi, sebagai bahan bacaan bagi mahasiswa dan
sumber pustaka dalam upaya mengembangan penelitian lebih lanjut dimasa yang
akan datang.
b.
Bagi
Peneliti
Penelitian ini dapat
bermanfaat bagi peneliti, terutama utnuk menambah wawasan dan pengalaman dalam
penelitian serta sebagai bahan untuk penerapan ilmu yang didapat selama
pendidikan.
2.
Guna
Praktis
a.
Bagi
Responden
Untuk
menambah pengetahuan mahasiswa dalam pembuatan asuhan kebidanan komprehensif
secara tepat serta meningkatkan kedisiplinan dalam mengumpulkan laporan kasuhan
kebidanan komprehensif
DOWNLOAD KTI FULL:
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB V
BAB VI
PASSWORD
Comments
Post a Comment